Kamis, 27 Oktober 2011

Ubuntu 11.10 Telah Dirilis

0 komentar
Hey, good looking! Setelah 6 bulan dalam pembuatan Ubuntu 11.1o – sekarang Oneiric Ocelot sudah tersedia untuk bisa di-download untuk umum.
Antarmuka yang baru dengan Unity, perbaikan fitur-fitur, dan banyak aplikasi baru dan telah diperbaharui pada Ubuntu 11.10.

Ubuntu 11.10 – minor, but major

Ubuntu 11.10 dibangun atas dasar dari Ubuntu pendahulunya, Ubuntu 11.04. Kelihatannya sih sedikit, tetapi ini lumayan banyak juga lowh kawan yang dirombak pada Ubuntu 11.10. Mulai dari perubahan tampilan, fitur baru, de el el deh pokoknya.

 Unity Changes

Ubuntu 11.10 Dash button
Warna Dash didoimnasi oleh warna wallpaper yang Kamu gunakan. Lenses yang terintegrasi dengan Dash meberikan perubahan yang cukup banyak; seperti waktu loading yang lebih cepat dan filter yang dapat membatu Kamu mencari aplikasi lebih cepat.


Looks

Tersedia 14 HQ Photo wallpaper baru yang dapat Kamu pilih dan gunakan di menu Apperance.


A New login screen

Di Ubuntu 11.10, tapilan menu login yang baru disebut “LightDM”. Tampilannya terlihat lebih menawan dari tampilan menu login di Ubuntu sebelumnya.


New Default Apps

Seperti biasa, Ubuntu datang dengan banyak software gratis yang sudah terinstall dan tinggal digunakan.



Firefox 7 digunakan untuk browser bawaannya. Untuk urusan office yang kompatibel dengan icrosoft Office, Ubuntu sudah tidak menggunakan OpenOffice, tetapi menggunakan LibreOffice. Nah untuk E-Mail ada kabar baik nih, Ubuntu sudah tidak menggunakan Evolution, tetapi mengguanakan Mozilla Thunderbird yang jauh lebih keren.

Ubuntu Software Centre 5.0

Software Ubuntu 11.10 di Ubuntu Software Center telah sepenuhnya diubah, dengan ‘toolbar’ lebih intuitif untuk navigasi, sebuah tata letak yang lebih baik dan pilihan penyaringan baru untuk mencari lebih halus dari perangkat lunak. :)

Indicators

Coba lihat deh baik-baik! Perubahan pertama pada dihapusnya menu “Me”, penambahan item “Clear All” pada menu “Messaging”, Menu user yang lebih segar.
screen shot 2011-10-13 at 11.46.39 screen shot 2011-10-13 at 12.11.12 screen shot 2011-10-12 at 23.15.51

Multi-arch

Fitur terbaru Ubuntu 11.10 “Multiarch” mendukung untuk kita dapat menginstall aplikasi 32bit di 64bit.

One Conf

OneConf adalah sebuah fitur Software Centre baru yang membantu Anda menyimpan daftar aplikasi yang terinstal di sync di beberapa komputer. Untuk mengaktifkannya, buka Ubuntu Software Centre (ikon pada Dash) dan “File> Sync between computer …“.

Performance

Mungkin Ubuntu 11.10 terlihat lebih cantik dari Ubuntu sebelumnya, tapi apaha lebih baik?

Jawabannya adalah YA: Perbaikan untuk Unity dan Ubuntu secara keseluruhan mebuatnya lebih cepat dan lebih gesit dari pendahulunya.
Ada 2 hal yang menurun dari Ubuntu 11.04:

  • Waktu Boot yang lebih lama, ya walaupun hanya sedikit tetapi tetap saja lebih lama.
  • Membuat batrai lebih boros, ini dikarenakan kernel yang digunakan Ubuntu 11.10 lebih banyak menghisap energi.

Leave a Reply